Rabu, 13 Oktober 2010

PENTINGNYA PERPUSTAKAAN KELILING

Menjelajah dari satu tempat ke tempat lain untuk menyebarkan Ilmu Pengetahuan dengan menggunakan kendaraan sederhana. Keberadaanya mungkin dilupakan dengan kemegahan mall Ibukota, namun masih banyak diminati dan dicari orang banyak. Hal itulah yang tergambar ketika GOCARA mengunjungi perpustakaan keliling langsung ke tempat dimana mereka sedang bertugas di tempat sekolah didaerah tanjung duren, Jakarta Barat. Dengan mobil perpustakaan keliling Rusman Panjaitan melakukan tugasnya sehari-hari untuk membagikan ilmu yang ada dalam 600 buku yang dibawanya setiap kali melakukan perjalanan.

Rusman yang juga selaku koordinator perpustakaan keliling dan telah bertugas sejak tahun 1985 tersebut mengatakan, perpustakaan keliling merupakan salah satu sarana yang dibutuhkan oleh segala lapisan masyarakat. Terbukti dalam beberapa bulan akhir permintaan akan buku-buku dalam perpustakaan keliling sangat banyak. Sehingga dengan armada yang terbatas dengan jumlah 4 mobil di jakarta barat, perpustakaan keliling hanya mampu untuk ke tempat area yang sama dengan waktu 1 bulan sekali. Sasaran dari perpustakaan keliling diantaranya adalah ke sekolah yang tidak memiliki perpustakaan sendiri, rumah singgah, rumah kumuh, tempat anak-anak jalanan, kelurahan juga kecamatan yang sebelumnya telah terjadwal dan terdaftar di kantor perpustakaan umum. Buku yang dibawa dalam terdiri dari segala lapisan umur seperti buku TK,SD,SMP,SMU, Perguruan Tinggi, tabloid, majalah masak dan yang lainnya. Buku yang dibawa oleh perpustakaan keliling pun selalu berganti setiap bulannya kecuali ada pemesanan dari anggota pembaca perpustakaan keliling.

Kebutuhan dan minat akan ilmu pengetahuan terhadap buku terlebih pada sanggar atau tempat anak-anak jalanan sangatlah tinggi. Karena kebutuhan akan ilmu pengetahuan belum tentu dapat mereka wujudkan dengan membeli buku yang tersedia di toko buku di agen-ageN tepi jalan, pasar loak ataupun pada toko buku dengan ruangan ber-AC dan seperti suasana cafe. Hal itulah yang mendorong di samping alasan-alasan lain selalu ramainya perpustakaan keliling untuk diminati orang banyak.

Perpustakaan keliling memiliki jam operasional yaitu pada pukul 07.30 – 12.00 di satu lokasi dan 12.00 – 15.00 di lokasi yang berbeda. Hal tersebut menurut Rusman bergantung pada lokasi dimana perpustakaan keliling bertugas, bila di suatu sekolah ada sekolah pagi dan siang maka dari pukul 07.30 – 15.00 perpustakaan keliling harus menunggu sampai waktu yang ditentukan. Nomadennya perpustakaan keliling sehingga menyulitkan bagi pembaca atau peminat yang ingin membaca buku dari perpustakaan keliling. Sistem peminjaman dalam perpustakaan keliling, seorang calon anggota sebelumnya harus membawa KTP, kartu keluarga, juga pengisian formulir dari pihak perpustakaan keliling. Lalu calon anggota dapat meminjam setelah kartu anggota yang diminta telah selesai diurus. Kemudian anggota bisa meminjam, dan secara otomatis anggota juga terdaftar di perpustakaan umum tempat kantor wilayah perpustakaan keliling tersebut bertugas.

Dalam melakukan proses peminjaman, anggota tidak dipunggut biaya. Selain itu juga dapat melakukan aktifitas yang lainnya sama seperti ketika seorang anggota telah terdaftar dalam suatu perpustakaan. Hal tersebut juga berlaku jika seorang anggota melakukan peminjaman buku lalu telat dalam pengembaliannya. Anggota perpustakaan keliling diberikan waktu sampai dengan 3 kali secara periodik saat perpustakaan keliling mengunjungi tempat tersebut. Jika pada masa itu belum juga dikembalikan. Bila peminjaman dilakukan di sekolah maka pihak perpustakaan keliling akan meminta dari Kepala Sekolah yang bersangkutan. Bila dalam masyarakat sekitar yang meminjamnya, maka akan dicari melalui alamat yang terdaftar ataupun melalui teman yang biasa melihat buku dari perpustakaan keliling.

Perpustakaan keliling sekitar tahun ’80an , bila yang meminjam harus meninggalkan uang jaminan namun kebijakan tersebut telah dicabut oleh Gubernur yang menjabat pada saat itu. Seorang anggota juga dapat memesan buku yang pada saat itu tidak ada dalam perpustakaan keliling. Buku tersebut akan dibawa ketika perpustakaan keliling kembali lagi dalam periodik tertentu. Bila seorang anggota perlu meminjam buku secara cepat dan kebetulan mobil perpustakaan keliling masih beberapa minggu atau hari ke tempat lokasi yang sama maka anggota dapat meminjam di perpustakaan umum asalkan pengembalian dilakukan pada tempat anggota meminjam buku tersebut.

Timbul harapan dari peminat buku dimana mereka menikmatinya agar perpustakaan keliling tidak harus muter begitu lama sampai dengan waktu 1 bulan karena pentingnya ilmu. Dan buku harus terus menerus dikonsumsi untuk memperkaya ilmu pengetahuan yang ada. Agar kesetaraan informasi dapat dinikmati semua orang tanpa menunggu proses yang lama. Semoga terwujud dan informasi bisa didapatkan !!!
(AGS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar